Posted by : akpar majapahit Monday 14 September 2015


Bartending


'Campur minuman dengan shaker, shake...shake...hingga tercam
Selamat pagi :)
Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar kata “BARTENDING?” ?… mau share disini ? :)
BARTENDING.
Beberapa orang yang awam dengan dunia BARTENDING pasti mengira Bartending berhubungan dengan Aneka ALKOHOL. Dan beberapa yang belum pernah belajar tentang Bartending, pasti berpikiran Negative.
Di kampus ada materi Bartending selama 1 minggu ini. Dan Bartending TIDAK SELAMANYA mengenai ALKOHOL. Bartending tidak selamanya identik dengan Bir dan hal hal negative seperti yang orang pikirkan.
Waktu 1 minggu untuk belajar Bartending ini menurut ku kurang, karna terpotong libur tanggal merah, dan materi Bartending ini cukup susah menurut ku. Dibanding materi aneka Roti, pastry, Culinary, dll itu Bartending tergolong susah, ntah karna belum pengalaman dengan dunia Bartending atau karna lebih banyak trik trik nya. Yang jelas 1 minggu belajar materi Bartending nggak cukup.
Disini kita tidak diajarkan sebagai Peminum. Kita diajarkan untuk MEMBUAT MINUMAN. Dan Minuman yang dimaksud disini adalah aneka Smoothies, Cocktail, Mocktail, Blended, Coffee, dll. Tidak semuanya Ber-Alkohol. Tidak diwajibkan pula mencoba yang Ber-Alkohol. Semua kembali ke diri kita masing – masing kalau soal mencoba atau tidak.
Kebetulan untuk materi ini Aku yang mendapat giliran jadi Chef selama 1 minggu. Artinya aku harus mempersiapkan segala keperluan untuk Materi Bartending selama 1 minggu ini. Salah satunya order bahan untuk Bartending. Awalnya aku pikir mudah, karna ini hanya sekedar Minuman. Ternyata susah :D
Karna sewaktu order harus dipikirkan baik-baik berapa berat bahan yang di order untuk porsi hari itu. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih. Itu susah nya ketika jadi Chef :)
Kendala lain nya, ada beberapa jenis Bir, Coffee, dan bahan minuman lain nya yang aku sendiri belum pernah dengar sama sekali sebelum nya. Jadi benar – benar meraba satu per satu tentang bahan – bahan untuk materi 1 minggu ini.
Pelajaran yang aku dapat selama materi Bartending ini cukup banyak, dan bermanfaat. Aapalagi kalau untuk membuka usaha minuman atau cafe ^^
Salah satu nya ketika hari pertama kita belajar aneka Smoothies. Smoothies seperti jus ya. Tapi tidak se-sederhana jus biasa :)
Misal nya saja untuk beberapa jenis buah yang akan dibuat smoothies, kita tidak bisa hanya mengandalkan buah yang masih fresh. Kita butuh sedikit syrup dari rasa buah tersebut. (bukan essence atau jus ya).
Kenapa kita butuh sedikit syrup ?..
Jawaban nya adalah untuk memperkuat rasa smoothies yang akan kita buat nanti.
Buah pisang misalnya, ketika kita membuat Smoothies Pisang kita tidak bisa mengandalkan buah Pisang saja. Kita butuh syrup pisang :)


Coffee Latte (kopi susu).
Banyak kan yang tau coffeee latte ? :)
Secangkir kopi dengan sedikit tambahan ‘Art’. Biasanya yang suka nongkrong di kafe pasti tau, atau bahkan ada yang suka dengan coffee latte ini :)
Untuk membuat Coffee Latte ini kita benar – benar membuat kopi nya dari awal. Dari biji Kopi kopian. Kita proses sendiri biji kopi itu sampai bisa dibuat aneka minuman. Kita sempat mencoba rasa kopi yang asli bagimana ^^
Kita juga sempat membuat aneka gambar untuk secangkir coffee latte kita. Membuat nya ini yang cukup susah, jadi wajar kalau harga secangkir coffee latte ini tidak murah :)
Belajar tentang Bartending ini cukup menarik sebenarnya, apalagi kalau bisa masuk di sekolah khusus Bartending. Kita bisa membuat aneka kreasi minuman yang baru. Dan peluang kerja nya pun cukup menjanjikan. Gaji nya pun juga tidak sedikit. Apalagi kalau kita bisa bekerja sebagai Bartender di kapal pesiar tenama :)
Ada yang mau menambah kan soal Bartending ? :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Pastry Chef Akpar Majapahit - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -